Kamis , Agustus 5 2021

3 waktu

Ada 3 waktu utama terkabulnya do’a di bulan Ramadhan:

1- Waktu sahur

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yg berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yg meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yg meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758). Ibnu Hajar juga menjelaskan hadits di atas dengan berkata, “Do’a dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan.” (Fath Al-Bari, 3: 32). .
.
2- Saat berpuasa

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tiga orang yg do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya)

Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Disunnahkan orang yg berpuasa untuk memperbanyak do’a demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdo’a untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan do’a kebaikan untuk kaum muslimin secara umum.” (Al-Majmu’, 6: 273)

3- Ketika berbuka puasa

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabdah: “Ada tiga orang yg do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yg berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yg terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan). Dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) disebutkan bahwa kenapa do’a mudah dikabulkan ketika berbuka puasa yaitu karena saat itu, orang yg berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.

Moga Allah memperkenankan setiap do’a kita di bulan Ramadhan.

#Sahabatlazismu , Yukkk Berzakat. jangan sampai Antre didepan gerai haji tapi ZAKAT nya nanti²
.
Rekening Zakat
Zakat : 7099074668
A.n. Lazismu Piyungan
Bank MandiriSyariah.
Kode Bank 451, tambah kan angka 451 pada 3 digit terakhir
.
Layanan Jemput ZIS
sms/wa: 081 22 99 63 99
Telp : 0274 4353 449

Check Also

infografis-ambulan-maret

Penggunaan AmbulanMu selama Maret

Alhamdulillah, AmbulanMu Piyungan pada bulan Maret 2021 telah melayani: 🌱Layanan pasien dalam kota: 74 🌴Layanan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *